Mengatasi masalah Modem First Media

Mengatasi Modem First Media Error


Cara mengatasi Wifi Frist Media yang bermasalah not connect. Beberapa hari terakhir, saya mengalami kejadian yg kurang menyenangkan dgn modem First Media yg terpasang di rumah. Koneksi yg biasanya lancar tanpa ada masalah mendadak tidak berfungsi padahalmodem dalam keadaan hidup dan sinyal Wi-Fi bisa terkoneksi dgn smartphone maupun laptop yg biasa saya gunakan untuk menulis artikel di blog ini. Akan tetapi walaupun tersambung dgn jaringan Wi-Fi, di icon koneksi WiFi pada notification bar Windows tercantum keterangan "Limited Access". Begitu juga saat menggunakannya di smartphone, muncul notifikasi "No Internet Connection" atau "Check Your Network Connectivity".

Cara Mengatasi Masalah Koneksi First Media

Awalnya saya berpikir masalah ini disebabkan karena tagihan bulan ini sudah terbit tapi saya belum membayarnya. Saya kemudian segera membayar tagihan FirstMedia melalui ATM Mandiri terdekat. Usai membayar saya lalu kembali ke rumah dan menyalakan modem, akan tetapi masalah yg sama masih berlanjut. Artinya penyebab masalah ini bukan karena masalah tagihan.

Saya mencoba opsi kedua dgn menelepon nomor customer care First Media Jakarta di nomor 021-25596000, akan tetapi petugas yg melayani saya hanya mencoba membantu untuk me-refresh darisystem mereka dan saya diperintahkan untuk me-restart modem dgn mencabut kabel power, menunggu selama 10 detik, lalu menghidupkannya kembali. Akan tetapi cara ini masih tetap belum berhasil menyelesaikan masalah saya. Modem masih seperti tadi, hidup, bisa connect, tapi tulisan di laptop "Limited" entah Connection atau Access saya lupa. Sambungan telepon yg kedua ke nomorcustomer care hanya menghasilkan penjadwalan kedatangan teknisi ke rumah pada hari minggu (lusa).

Saya yg penasaran kemudian mencoba untuk mencari-cari sendiri masalahnya, dan memperhatikan lampu LED yg ada di bagian depan modem terus berkedip di bawah tulisan DS. Saya lalu berpikir mungkin disini masalahnya.

Bagi Anda yg penasaran dgn apa arti lampu LED warna hijau yg menyala atau berkedip pada modemFirst Media Anda (seperti gambar di bawah ini), berikut adalah penjelasannya:

Apa arti dari lampu LED yg terletak di bagian depan modem First Media?

Lampu LED yg terletak di bagian depan modem First Media sangat penting untuk memberi informasi apakah perangkat tersebut bekerja dgn normal, seperti misalnya punya daya listrik, atau mentransmisikan data dgn baik.

Lampu LED yg paling penting adalah power serta link dan online, yg menunjukkan apakah unit modem / router memiliki daya listrik dan bisa mentransmisikan sinyal WiFi. Jika Anda curiga bahwa Anda mengalami kerusakan jaringan di sekitar area perumahan Anda, maka Anda bisa menghubungi nomor telepon customer service First Media di nomor 021-25596000 (Area Jakarta, untuk Area lain silakan cari sendiri di internet).


Akan tetapi jika Anda menanyakan kepada tetangga yg sama-sama menggunakan layanan jaringan internet FirstMedia, ternyata di tempat lain tidak ada masalah, itu berarti hanya jaringan di rumah Anda saja yg bermasalah.

Klik disini untuk membaca artikel tentang Cara Mengganti Password WiFi First Media melalui Setting.

Lampu LED DS merupakan singkatan dari DownStream dan merupakan fase pertama dari tahapan modem untuk memeriksa ketersediaan jaringan untuk men-download konten dari internet sedangkan US adalah singkatan dari UpStream yg memiliki arti modem sedang menguji kemampuan uploadjaringan.

Untuk terkoneksi, modem perlu menemukan sinyal downstream dan mensinkronisasi waktu ke frekuensi yg tepat untuk menemukan semua kanal jaringan internet. Lalu kemudian modem akan mencoba untuk menemukan kanal upstream dan mengatur daya hingga melewati fase ini. Modem kemudian mengunci fase secara tepat dari sinyal internet sehingga bisa mentransmisikan pada waktu yg tepat atau selebihnya.

Lampu LED US dan DS berarti modem sedang mencoba untuk melakukan fase kalibrasi dgn jaringan internet, sehingga apabila fase kalibrasi ini terhendi dan lampu LED pada modem / router FirstMedia terus berkedip dan berikutnya tidak menyala, berarti ada sesuatu yg salah. Kemungkinannya antara sambungan kabelnya tidak terlalu bagus, atau malah ada kabel yg terputus sehingga modem gagal berfungsi dgn baik.

Jadi saran saya, apabila lampu LED di router / modem First Media Anda berkedip dan tidak berhasil melewati fase DS / US, coba cek dan telusuri kabel-kabel dan perhatikan apakah pemasangannya sudah benar atau ada yg terlepas / bengkok. Apabila masalah masih berlanjut, silakan hubungi dokter,... eh, customer service First Media untuk dibantu refresh dari system mereka, lalu restart modem dgn cara mencabut kabel power selama 10 detik dan menyalakannya lagi. Jika masih tidak berhasil, mintalah untuk dijadwalkan kunjungan teknisi ke rumah Anda. Semoga berhasil!


9 komentar

Kalo Lampu Onlinenya yg mati itu knp ? Dan solusinya apa ?

Masalah jaringan pak.
Lebih lengkap bsa call CS 021-25596000

Router saya merek Cisco

Jika sering mengalami "limited acsess / no internet connection" padahal wifii masih tersambung perangkat HP masih bisa internetan tapi hanya laptop / pc anda yg bermasalah..

silakahkan coba : http://192.168.0.1/ cari Setup > Basic Settings > IP Management
dikolom lease time ganti dengan angka "0" jika tidak bisa ganti dg "999999999"
di router saya tertulis angka 3600 yg artinya tiap 3600detik / 1jam sekali saya akan mengalami masalah tersebut.. gantilah dengan angka 0 / 999999999... selamat mencoba..

om mau nanya dong kalo di connect ke laptop kenapa router cisco nya langsung restart ulang terus. solusinya apa yah

Boleh tau itu jika hanya konek ke laptop?
jika ke handphone bermasalah juga atau tidak ya?
dan untuk router itu sendiri yang Modem Wifi atau Wifi router yang terpisah dari modem? atau bisa tolong sebutkan tipe-nya?

Mau tanya.. laprop saya ko ga bisa konek ke wifi ya? Tulisannya "cant connect this network"

Tapi laptop lain dan gadget lain bisa.. tolong solusinya

Jika di perangkat lain bisa konek, itu berarti koneksi wifi pada laptop kamu udh kurang bagus pak.

coba saat meng-koneksikan di dekatkan laptop dengan modemnya. takutnya wifi pada laptop sudah lemah.

Mau tanya, kalo router setelah di restart lampunya menyala semua, tapi gak lama balik lagi yg menyala hanya lampu ds & us saja bagaimana?

Setau saya, jika abis restart memang seperti itu.

koneksi bermasalah apa tidak?

NO SPAM Comment!
EmoticonEmoticon